Membordir dengan Mesin Jahit Biasa

Pada dasarnya mesin jahit yang umum terdapat di pasaran atau untuk rumahan bisa digunakan untuk membordir pakaian. Tidak seperti mesin jahit konveksi atau industri garmen yang memiliki khusus mesin untuk membordir, mesin jahit rumahan jika ingin digunakan untuk membordir harus disetting atau diatur ulang. Cara mengubah mesin jahit biasa agar bisa digunakan untuk membordir, yaitu:

Pertama

Sepatu pada mesin jahit, yang biasa digunakan untuk menjahit pakaian biasa, dilepas karena tidak akan digunakan. Pada membordir, yang digunakan hanyalah jarum.

Kedua

Spasi atau jarak jahitan diatur ke posisi 0 (nol) atau tidak menggunakan spasi yang biasa digunakan untuk menjahit pakaian. Spasi dalam menjahit pakaian untuk memberi jarak antar tusukan pada jahitan antar 1 dengan yang lain, sedangkan dalam membordir tidak menggunakan spasi. Tusukan pada nantinya tergantung pada kecekatan tangan pribadi.

Ketiga

Gigi kerja atau rel pada mesin jahit diturunkan. Cara menurunkan rel pada mesin jahit tergantung merk atau jenis mesin jahit. Jika pada mesin jahit Brother, tinggal menekan tombol untuk menurunkan rel. Pada merk Butterfly, dapat memutar tombol, sedangkan pada merk Swan atau merk yang tidak ada tombolnya, maka harus diatur secara manual. Cara mengatur manual adalah mengangkat mesin jahit dan kemudian mengendurkan skrup dan mengangkat sedikit palang rel kemudian dikencangkan kembali skrupnya

Keempat

Kab benang atau tegangan benang dikendurkan. Ketegangan benang berada di posisi 0 (nol) atau kendur. Dikarenakan benang bordir berbeda dengan benang jahit pakaian, dan lebih rapuh atau mudah putus ketika dijahit, maka pengaturan pada mesin jahit tidak terlalu tegang agar tidak mudah putus ketika mesin mulai dijalankan untuk membordir.

Kelima

Skoci dan spul dikendurkan. Skoci atau spul terletak di bagian dalam mesin atau dalam sarangan mesin (terletak di bawah jarum dan dapat dibuka). Apabila terjadi hasil jahitan bagian atas kendur, maka skrup pada skoci dikencangkan.

letak skoci dan spul

mur pada skoci dikencangkan jika benang muncul ke kain bagian atas


Selamat mencoba…tunggu postingan selanjutnya tentang langkah-langkah belajar membordir :D


1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


× 5 = forty five

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>